TEORI ORGANISASI UMUM 2 (TUGAS 1)


Mendeskripsikan sifat-sifat positif dan negatif dalam diri sendiri beserta cara menutupi sifat negatif

Assalamu’alaikum wr.wb

Perkenalkan nama saya Adi Yesti Murar S yang akan mendeskripsikan karakter yang ada dalam diri saya. Mungkin tidak semua saya ketahui, tapi beberapa saya yakini benar sesuai apa yang saya rasakan selama ini dan melalui pendapat teman dekat saya.

Inilah sifat-sifat positif dalam diri saya :

  • Mudah Bergaul (friendly)
  • Setia Kawan
  • Menolong Semampu Saya
  • Moodmaker (suka mencairkan suasana)
  • Ambisius
  • Rajin Menabung
  • Simple
  • Fokus
  • Terlalu Terbuka

Inilah sifat-sifat negatif dalam diri saya :

  • Egois
  • Keras Kepala
  • Bawel dan Ribet (bori)
  • Pesimis
  • Manja
  • Ceroboh
  • Kekanak-kanakan
  • Sedikit Parno
  • Terlalu Negatif Thinking
  • Sensitif (bukan baper)
  • Tidak Terlalu Perduli pada Lingkungan di Sekitar
  • Gampang Terpengaruh
  • Gampang Bosan
  • Moodian

Penjelasan Mengenai Sifat-sifat positif saya, sebagai berikut :

Saya termasuk orang yang gampang menjalin hubungan pertemanan dalam waktu singkat dengan teman-teman yang baru saya kenal. Kalau sejak awal kita menjalin hubungan yang baik maka, akan lebih mudah untuk memahami teman ataupun orang di sekeliling kita.

Mungkin hanya beberapa orang yang menyadari kalau saya setia kawan pada teman ataupun sahabat dekat saya. Karena tidak semua teman saya anggap orang yang bisa membuat saya nyaman hanya teman terdekat saya saja yang mengetahuinya. Hanya menolong sebisa mungkin teman yang baik dan beberapa teman terdekat saya. Karena ada satu teman saya yang pernah datang hanya waktu butuh saja.

Terkadang saat saya bosan mungkin saya bisa jadi seorang moodmaker atau pemecah suasana agar suasana menjadi lebih menyenangkan. Tapi itu tergantung suasana hati saya. Terlalu memaksakan kehendak untuk mencapai target atau sesuatu yang saya inginkan membuat saya sedikit ambisius untuk beberapa hal. Misalnya, nilai ujian utama harus B dan mata kuliah yang saya sukai harus mencapai target tertinggi dikelas. Saya juga akan belajar sungguh-sungguh dan focus hanya untuk beberapa hal yang saya sukai dan benar-benar saya ingin bisa. Termasuk hobi menggambar sketsa yang awalnya jelek sekarang sedikit demi sedikit agak lebih bagus, walaupun cara mengarsirnya mungkin sedikit kurang rapi.

Dari kecil saya memang dibiasakan menyisihkan uang jajan saya sampai sekarangpun saya terbiasa menabung. Menabung sangat menyenangkan karena hasil tabungan bisa dibelanjakan untuk beberapa kebutuhan atau hal yang saya sukai, contohnya: membeli alat-alat tulis dan gambar yang bagus, novel dan komik yang bagus sesuai selera saya. Saya juga bukan tipe orang yang shoppingholic karena saya lebih suka sesuatu yang simple terkadang terkesan berantakan dan jauh dari mode yang lagi trend waktu itu. Hal itu tidak membuat saya minder karena saya lebih nyaman menjadi diri sendiri daripada copy paste gaya orang lain.

Mungkin ada baiknya berbagi isi hati yang baik maupun yang buruk tetapi, hal itu membuat saya seperti orang yang tidak memiliki privasi dalam hal pertemanan. Terlalu terbuka pada teman ataupun sahabat mungkin lebih baik karena menceritakan unek-unek, hal-hal yang kita pikirkan dan lainnya membuat saya lebih nyaman dan tidak ada beban. Mendapat nasihat atau saran dari orang terdekat membuat suasana hati lebih baik daripada dipendam sendiri. Karena saya tidak biasa memendam perasaan sendiri.

Penjelasan Mengenai Sifat-sifat negatif saya, sebagai berikut :

Sifat egois ada dalam diri saya, selalu ingin dinomor satukan dan tidak akan membantu orang-orang yang mebutuhkan bantuan saya padahal saya bisa membantu karena saya tidak dekat pada orang tersebut. Saya bukan tipe orang yang mudah berbagi dengan orang lain tapi, jika sudah terbiasa bersama maka, saya pasti akan membantu orang tersebut.

Mungkin saya juga bukan tipe seorang pendegar yang baik saat teman atau sahabat member saya saran. Sifat egois dank eras kepala yang terlalu besar kadang membuat saya jadi orang yang sedikit angkuh. Beberapa teman saya sering menasehati tetapi hanya sedikit yang saya dengar. Mungkin itulah faktor kehilangan beberapa teman saya tapi, mereka masih mau mentolerir sifat saya jika saya mau merubahnya.

Kebanyakan teman dan sahabat saya merasa sebal dengan sifat saya yang bawel. Tidak ada salahnya kita memperhatikan teman kita dan memberinya nasihat yang baik karena saya bukan tipe teman yang terlalu cuek. Tapi, saya terlalu egois untuk mendengarkan saran teman saya. Semua orang pasti ribet, saya adalah salah satunya. Membuat orang lain ribet itu sungguh menyenangkan karena ada sedikit hiburan saat hal itu bisa menjadi mudah bagi mereka. Hanya sekedar untuk menghilangkan kebosanan tapi, sedikit banyak membuat teman saya sebal.

Tidak semua hal yang saya lakukan akan saya yakini akan mendapat hasil yang baik. Dan itu sering sekali hasilnya tidak memuaskan. Wajar saja kalo merasa pesimis tetapi tidak harus selalu pesimis. Misalnya saja: waktu presentasi kelompok saya sering sekali mengerjakan dengan baik dan saat waktunya tiba hasilnya tidak memuaskan.

Jadi anak pertama mungkin sedikit beban buat saya karena menjadi seorang kakak dan contoh yang baik buat adik-adik saya memang sedikit menyita masa-masa manja saya. Karena hal itu, saya sering mengalihkan rasa manja saya pada teman-teman atau sahabat saya. Terkadang sedikit keterlaluan karena saya bisa bertingkah kekanak-kanakan dan ingin selalu diperhatikan. Anggap saja korbannya teman yang sangat dekat dengan saya sampai-sampai saya menganggapnya sebagai kakak atau ibu kedua saya. Saya merasa dia adalah milik saya jadi orang lain tidak boleh mendapatkan hal yang lebih dari dia. Hal itu sering memicu sedikit konflik tapi, saya sedikit merubah sikap saya yang manja dan kekanak-kanakan itu.

Sifat ceroboh sering sekali terjadi saat saya lupa membawa sesuatu atau lupa menaruhnya dimana. Dan itu sangat menyusahkan sekali saat presentasi lupa membawa bahannya dan mendadak mengerjakan ulang. Terkadang saya sedikit parno akan hal-hal mistis. Mempercayai kalau vampire itu ada dan terbawa mimpi akan mati dihisap darahnya sampai habis. Terlalu sering negatif thinking pada teman atau sahabat dan hal-hal mistis karena saya berpikir tidak ada manusia yang sempurna pasti ada hal yang teman saya sembunyikan dari saya. Hal itu juga tidak baik dan sering memicu konflik.

Bercanda itu hal yang wajar tapi, kadang-kadang suka keterlaluan. Saya tidak menyadari kalo saya sendiri adalah orang yang sensitif, jadi sering sekali walau hanya candaan ringan saya merasa tidak suka dan mengeluarkan emosi. Mungkin saya tidak bisa menyalahkan teman saya karena saya juga suka bercanda yang kelewat batas dan tidak memikirkan perasaan orang lain. Sifat itu juga membuat saya jadi orang yang tidak memperdulikan keadaan sekitar saya. Seperti memiliki kehidupan sendiri. Tapi ada baiknya saya memulai merubah sedikit demi sedikit.

Mengikuti arus tidak selalu ada baiknya karena saya termasuk orang yang gampang terpengaruh teman-teman saya. Saat ada hal yang tidak disukai maka saya akan mengikutinya. Padahal hal itu tidak berpengaruh apapun pada diri saya. Saya tidak terlalu suka hal yang sama dan itu membuat saya bosan, seperti: bercanda dengan hal-hal yang sama diulang-ulang. Dan itu, membuat saya sedikit moodian atau mood yang suka berganti sesuai suasana hati saya. Saya bisa jadi orang yang pendiam selama beberapa hari tapi bisa berubah beberapa menit kemudian jadi orang yang paling berisik.

Cara menutupi dan menyikapi sifat-sifat negatif dengan sifat-sifat positif dalam diri saya.

Saya akan menutupi keegoisan dank eras kepala saya dengan menolong teman yang sedang membutuhkan dan menjadi orang yang lebih terbuka agar mendapat saran yang dapat merubah sikap saya dalam menyikapi beberapa hal. Menjadi orang yang lebih terbuka dengan berpikir luas juga dapat merubah saya menjadi orang yang lebih peduli pada lingkungan sekitar saya dan mengurangi sifat terpengaruh saya.

Mencoba lebih fokus pada kegiatan yang saya sukai agar tidak terlalu negative thinking dan parno membuat saya lebih baik. Focus juga bisa merubah saya menjadi lebih berhati-hati dalam bertindak agar tidak ceroboh, bawel dan ribet.  Focus juga bisa merubah suasana hati menjadi lebih menyenangkan dan tidak gampang bosan.

Menjadi seorang moodmaker sangat menyenangkan selain membuat suasana lebih menyenangkan juga tidak membuat saya jadi orang yang moodian dan sensitif. Bergaul dengan segala macam teman yang berbeda bisa merubah sikap saya jadi lebih dewasa agar saya tidak terlihat manja, kekanak-kanakan. Karena menjadi orang yang lebih asik lebih menyenangkan dan bercanda bersama teman daripada berpikir dan bersikap yang buruk bisa membuat hari-hari saya lebih menyenangkan. Menikmati masa-masa muda lebih asik jika bersama teman-teman yang memahami kita daripada teman-teman yang menemani kita.

itulah ringkasan pendeskripsian sifat-sifat saya. sekian dan terima kasih.

wassalamu’alaikum wr..wb

Penulis:

someone who loved fanfiction and i'm author l created something amazing from writting and image my bias l DRAGON'S , V.I.P , EXOTICS SHINERS , BaekYeol shipper :*

Tinggalkan Balasan

