Tugas 2 : Etika dan Profesionalisme TSI


ETIKA PROFESI FASHION DESIGNER

Pengertian Fashion Designer

Fashion designer merupakan salah satu profesi yang bergerak dibidang design baju, sepatu, tas, aksesori dengan mengembangkan mode-mode baru dari masa ke masa yang digambarkan melalui sketsa yang memperlihatkan seni dalam pembuatan design baju,sepatu,tas dan berbagai macam aksesori yang akan diperagakan oleh model diatas panggung.

Kode Etik Fashion Designer meruapak salah satu kode etik tidak tertulis akan tetapi, seorang designer pasti sudah mengetahui dan memahami kode etika pekerjaannya, diantaranya sebagai berikut.

  1. Seorang designer harus menghormati semua anggota designer dari berbagai kalangan tanpa menjiplak hasil karya designer lain harus menampilkan design yang dibuat orisinil dan memiliki ciri khas agar dapat membedakan dengan karya designer lain.
  2. Designer tidak boleh meremehkan karya designer lain yang masih belum dipamerkan.
  3. Design yang dibuat tidak boleh menampilkan unsur sara.
  4. Designer dilarang menawarkan jasa tambahan selain yang dikonteskan oleh klien.

Contoh Studi Kasus :

Banyaknya beredar karya memiliki kemiripan yang terkadang dibantah oleh seorang designer baru karena, mereka memiliki alasan terinspirasi oleh karya designer lain yang mereka dambakan. Namun, hal ini mengurangi nilai kreatifitas dan ciri khas yang harusnya ditampilkan oleh designer baru sehingga, karya mereka jarang disukai oleh masyarakat. Seorang designer tidak boleh membuat design berbeda dengan ketentuan kontes design yang telah dibuat oleh klien. contohnya, saat kontes fashion designer untuk kategori muslimah tetapi, salah satu kontestan designer membuat pelanggaran dengan menggunakan bahan dan mode yang tidak sesuai. Designer tersebut dapat didiskualifikasi sebelum menampilkan hasil karyanya didepan pengunjung. Ada juga pameran fashion yang menampilkan design dengan ketentuan bebas ataupun design yang melanggar unsur sara sehingga, design baju yang ditampilkan unsur sara dengan berbagai model yang terlalu terbuka. Sangat disayangkan tak banyak klien maupun designer yang mengecohkan salah satu etika profesi ini.

Salah satu designer favorit saya adalah  Gabirelle “Coco” Bonheur Chanel atau yang lebih dikenal dengan nama Coco Chanel. coco-chanel.jpg

Chanel adalah pilihan sempurna bagi para wanita yang ingin menjadi pusat perhatian. Busana yang dibuat oleh designer asal Perancis terbukti memberikan kesan elegan dan mewah pada setiap perempuan yang mengenakannya. Sudah selama berthaun-tahun, Chanel sudah menjadi merk yang merajai dunia fashion.

Lahir dengan nama lengkap Gabirelle “Coco” Bonheur Chanel, Coco lahir di Saumur, Perancis pada tanggal 19 Agustus 1983. Nama Chanel telah menjadi inspirator dunia fashion di abad ke-20. Nama Chanel juga menjadi satu-satunya nama perancang busana yang masuk dalam majalah Time 100: The Most Important People of The Century.

Designer lain yang memiliki keunikan dalam design yang diciptakannya dalah Merk Versace, telah dikenal di dunia tidak hanya sebagai fashion wanita taDonatella-Versace.jpgpi juga perkakas rumah, aksesoris, dan juga hotel. Pemilik dari merk tersebut tidak lain adalah Donatella Versace. Donatella yang merupakan saudari dari Gianni Versace membuktikan bahwa dirinya tidak kalah dengan saudarinya tersebut dalam berbisnis. Setelah Gianni tewas dibunuh pada tahun 1997, Donatella langsung mengambil alih Versace dan membawa nama Versace ke tingkat yang lebih tinggi.

Tidak membutuhkan waktu lama, Donatella berhasil menjadikan Versace sebagai merk fashion wanita ternama di dunia. Busana yang diciptakan oleh Versace selalu berhasil menarik perhatian banyak wanita untuk menggunakannya sebagai pakaian favorit.

Iklan

Penulis:

someone who loved fanfiction and i'm author l created something amazing from writting and image my bias l DRAGON'S , V.I.P , EXOTICS SHINERS , BaekYeol shipper :*

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s